Prinsip Network Neutrality Didukung US Security and Exchange Commission, walaupun FCC awalnya belum menyetujui

The US Security and Exchange Commission (SEC) yang merupakan otoritas pengendali Pasar Modal AS pada minggu ini memutuskan untuk memberika hak pada para pemegang saham Penyelenggara Telekomunikasi AS, termasuk AT&T, Verizon dan Sprint Nextel, untuk memberikan vote tentang kebijakan Network Neutrality pada jaringan-jaringan telekomunikasi di AS.

Proses ini dimulai dari usulan sekelompok pemegang saham AT&T agar perusahaan itu menerapkan prinsip Network Neutrality demi mendukung kelancaran bisnis mereka beserta masyarakat umum lainnya melalui Internet yang diselenggarakan melalui jaringan AT&T.

Kebijakan Network (Net) Neutrality adalah kebijakan akses jaringan Internet secara terbuka dan Non-discriminatory kepada semua pengguna/perusahaan demi kelancaran dan kemajuan bisnis mereka. SEC mendukung kebijakan ini karena kebijakan ini merupakan faktor yang penting bagi kemajuan perusahaan swasta yang sahamnya terdaftar di Bursa Saham New York dan lainnya, sebab tidak dapat disangkal bahwa semua perusahaan memerlukan jaringan Internet untuk kemajuan bisnis perusahaan-pereusahaan itu. SEC menerapkan kebijakan ini agar Regulator AS (FCC) mau merubah kebijakan awalnya yg belum mendukung Net Neutrlity.

Dampak dari kebijakan ini adalah akan menguntungkan perusahaan-perusahaan global yang dikenal sebagai “Over-the-Top (OTT)“, seperti Google, Yahoo, Amazon, Salesforce, IBM, Facebook, perusahaan bisnis eCommerce, Jual-beli online, dan sebagainya. Mereka akan menjadi semakin besar dan kuat dengan jangkauan bisnis global, dengan modal investasi yang relatif kecil.

Apakah kebijakan Net Neutrality ini juga akan didukung oleh Regulator Indonesia? Silahkan ditanggapi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s