Pertumbuhan Trafik SLI turun ke 4% dan Volume Skype meningkat tajam tahun 2011

Tahun 2011 menjadi tahun yg penting dalam perkembangan bisnis Telekomuniksi yang sedang menuju ke Era Konvergensi, dimana banyak operator jaringan telekomunikasi akan mengalami penurunan pendapatan sebagai akibat dari meningkatnya volume trafik layanan-layanan baru yang menumpang diatas infrastruktur jaringan itu dengan biaya operasional serta CAPEX yang sangat rendah. Secara sederhana, layanan-layanan jenis baru itu yang dikenal sebagai layanan “Over-the-Top” (OTT), dapat dikatakan memperoleh keuntungan dari pengoperasian jaringan infrastruktur jaringan telekomunikasi.

Dari hasil penelitian TeleGeorapgy, diperoleh angka penurunan volume trafik SLI sebesar 9% (dari pertumbuhan 13% tahun 2010 ke hanya 4% tahun 2011). Sebaliknya pertumbuhan volume trafik Skype meningkat menjadi sebesar 9% pada akhir tahun 2011.

Tren penurunan volume trafik layanan jasa telekomunikasi tradisional akan terus berlanjut, dan akan menimbulkan kerugian, atau bahkan kebangkrutan operator jasa jaringan telekomunikasi, bila tidak melakukan antisipasi dan penanggulangannya secara dini.

 Masalah ini memang sudah banyak difahami oleh para eksekutif operator perusahaan-perusahaan telekomunikasi Indonesia, namun mereka kurang dapat banyak berbuat untuk menanggulanginya, sebab regulasi untuk mengendalikan kemajuan layanan-layanan OTT tersebut diatas, termasuk layanan BlackBerry belum dibuat, sebab aturan dalam bidang ini termasuk dalam “light-touch regulation”, atau self regulation oleh komunitas telekomunikasi. Namun Pemerintah/Regulator hendaknya dapat menyusun regulasi yang bisa memberikan keseimbangan antara pelaku bisnis yang berbasis Domestik (Nasional) versus yang berbasis Luar Negeri (Asing) agar keuntungan/devisa yang dihasilkan menjadi berimbang. Jadi secara nasional, devisa tidak semuanya lari ke Luar Negeri.

 Inisiatif untuk menuju ke regulasi layanan OTT yang dapat menjamin porsi keuntungan antar pelaku bisnis asal domestik vs asal luar negeri hendaknya segera dimulai tahun 2012 ini, agar dapat menjamin kemajuan layanan TIK yang juga memberikan kemajuan perekonomian bangsa Indonesia.

 Silahkan ditanggapi.

Referensi: http://idtug.blogspot.com , http://wirelesstekno.blogspot.com , https://mastel.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s