Perubahan Portfolio Bisnis TELKOM dari Telekomunikasi ke TIME

Jakarta – Berubahnya konsep bisnis Telkom dari sekadar penyedia jaringan telekomunikasi menjadi Telecomunication, Information, Multimedia dan Edutaiment (TIME) ternyata didorong oleh empat perubahan besar di masyarakat.

Direktur Umum Telkom Rinaldy Firmansyah dalam kuliah umumnya tentang leadership di Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) ITB memaparkan hal tersebut.

Menurutnya, saat ini masyarakat mengalami empat perubahan besar. Yakni perubahan lifestyle, perubahan teknologi, perubahan regulasi dan perubahan lingkungan bisnis.

“Ini kenapa Telkom juga berubah. Kita harus berubah memenuhi tuntutan perubahan tersebut,” katanya, Kamis (7/7/2011).

Lebih lanjut Rinaldi mencontohkan salah satu perubahan yang dilakukannya adalah telepon kabel (fixed line) yang mulai tergerus pelanggannya.

“Telepon kabel sudah tidak laku. Kita harus melihat apa yang laku. Internet dan seluler yang laku sekarang. Ya sudah, kita perkuat itu,” terangnya.

Namun perubahan tersebut bukanlah hal yang mudah untuk diterapkan. Cepatnya perubahan juga menjadi tantangan tersendiri.

“Perubahan teknologi misalnya. Dulu 3G muncul, tiba-tiba mau muncul 4G. Dan sekarang ada lagi LTE. Padahal dulu waktu belanja modalnya sampai triliunan rupiah, tapi sudah berubah teknologinya. Kita mau tak mau harus mengikutinya. Makanya diperlukan perencanaan bisnis yang matang untuk menghadapinya,” Rinaldi menandaskan.

( afz / ash )(sumber: detik inet)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s