Pemerintah Tak Batasi Konten Internasional

JAKARTA 12 Juli 2011: Pemerintah tidak akan membatasi konten internasional yang masuk ke Indonesia karena keberadaannya dinilai mampu mendorong semangat inovasi dan kreativitas start up lokal di negeri ini dalam menghadapi era konvergensi.
Kepala Pusat Informasi dan Humas Kemenkominfo Gatot S. Dewa Broto mengatakan konten internasional seperti disediakan oleh Google dan Yahoo hingga kini tercatat masih mendominasi pemanfaatannya oleh pengguna Internet di Indonesia.

Menurut dia, tingginya pemanfaatan konten tersebut oleh masyarakat telah menyebabkan kedua perusahaan itu membuka perwakilannya di Indonesia, disertai pengembangan berbagai konten yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Kondisi tersebut sekaligus menunjukkan peluang yang sangat besar terhadap aktivitas pengembangan dan penyediaan konten di Indonesia, dengan kebutuhannya yang tinggi terkait dengan perkembangan konvergensi.

“Kami tidak akan seperti China yang menghalang-halangi konten internasional. Keberadaan mereka justru diharapkan mampu mendorong start up lokal untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan konten,” ujarnya kepada Bisnis, kemarin.

Gatot menuturkan hingga kini pemerintah terus berupaya mendorong pengembangan konten oleh start up lokal dalam menghadapi era konvergensi, meski diakui belum adanya dukungan terhadap kebutuhan modal.

Dalam hal ini, dorongan pengembangan konten tersebut sudah dilakukan melalui penggelaran Inaicta (Indonesia ICT Award) setiap tahun yang memberikan penghargaan bagi start up lokal dengan kreativitas dan inovasi yang tinggi terhadap penyediaan konten.  (sumber: Arief Novianto – bisnis.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s