Boss Google di China keluar untuk bentuk Usaha Baru

Boss Google cabang China, Lee Kaifu akan memberikan Press Release pada hari Senin 7 September 2009 bahwa Ia akan berhenti kerja di Google untuk membuat sebuah perusahaan baru guna membantu para pengusaha China.

Lee yang berasal dari Taiwan telah sukses dalam membangun pasar Google di China untuk menandingi Mesin Pencari Internet buatan China, yaitu Baidu yang menguasai 75,7% pasar versus Google yang menguasai 19,8% pasar.

Kehadiran Lee pada tahun 2005 di Google cabang China membuat suatu berita besar saat itu, karena Ia sebelumnya bekerja untuk Microsoft Corporation dimana Ia telah membuat perjanjian untuk tidak bekerja bagi kempetitor Microsoft. Akibatnya Google saat itu harus membayar kompensasi yang cukup mahal kepada Microsoft.

Lee adalah sebuah contoh bagi para Eksekutif Muda Indonesia yang mampu mencapai posisi puncak di perusahaan multinasional, lalu keluar untuk membangun perusahaan nasional untuk membantu kemajuan bangsanya.

Tidak adakah diantara para pakar TI Indonesia yang mampu untuk membangun Mesin Pencari di Internet guna memandingi Google secara lokal di Indonesia seperti halnya Baidu di China? Ini akan memberikan penambahan penghasilan nasional Indonesia dan melepas ketergantungan kepada asing.

Silahkan ditanggapi.

2 responses to “Boss Google di China keluar untuk bentuk Usaha Baru

  1. Sebuah langkah yang bagus menrut saya, mungkin akan jarang “orng indonesia saat ini” bisa menempuh langkah yang demikian.

    Jumlah entrepreneur di negara kita juga masih minim, masih sangat perlu untuk di DONGKRAK.🙂. Saya kira langkah Lee tidak terlepas dari jiwa Entrepreneur dan nasinalisme🙂

  2. dulu tahun 1998an ada situs pencari di indonesia, namanya http://www.searchindonesia.com

    lumayan kenceng juga gaungnya waktu itu..
    tapi kayaknya awal 2000an, sudah mulai melemah ya? dan sekarang sepertinya tidak aktif lagi?

    bagaimana kabarnya ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s