Skype terjual kepada Investors Swasta seharga US$ 3.1 Milyar

Software paling populer didunia untuk telpon berbasis Internet Protocol (VoIP) Skype telah terjual kepada para Investor Swasta seharga US$ 3,1 Milyar. Pembagian kepemilikan antara pemilk lama eBay dan para Investor Swasta adalah 35% vs 65%. eBay awalnya membeli Skype seharga US$ 2,6 Milyar pada tahun 2005. Alasan eBay menjual sebagian sahamnya di Skype adalah karena pertumbuhan penghasilannya tidak secepat yang mereka rencanakan. Ini disebabkan karena status Skype saat itu sebagai 100% milik eBay yang semua transaksinya harus dideklarasikan kepada publik, sebab eBay adalah perusahaan publik.

Selain itu, dengan statusnya sebagai swasata, maka Skype dapat kembali beroperasi secara independen, tidak lagi harus terkait dengan bisnis eBay yang core bisnisnya adalah bidang e-commerce melalui Internet.

Dengan berubahnya Skype menjadi perusahaan swasta, maka perkembangannya, termasuk penambahan software aplikasi baru tidak perlu diumumkan secara rinci kepada publik, sehingga Skype menjadi dapat lebih kompetitif dan pasti agan lebih unggul dari pada pesaingnya saat ini, yaitu layanan VoIP Google: Google Voice.

Jumlah pemakai Skype saat ini adalah sejumlah 480 juta dengan pendapatan pada pertengahan tahun 2009 sebesar US$ 170 juta. Aplikasi baru Video Call yang telah diterapkan pada Skype mendapat response yang positif, sehingga sebanyak 34% percakapan melalui Skype memanfaatkan layanan Video Call ini.

Layanan Skype telah dapat dilakukan melalui iPhone, dan sebentar lagi semua Handphone Nokia akan dapat melakukan percakapan Skype.

Layanan  Skype  atau VoIP ini adalah “killer application” di Era Broadband masa kini, dan siapa yang dapat memanfaatkannya akan meraih keuntungan besar dikemudian hari.

Apakah para Operator Indonesia tidak akan memanfaatkannya secara optimal bagi kemajuan Indonesia?

Silahkan ditanggapi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s