Google tantang Microsoft dengan Chrome Operating System

Raksasa Search Engine Google baru-baru ini mengumumkan bahwa pihaknya akan segera meluncurkan Sistem Operasi Komputer baru yang berbasis Browser Chrome yang sudah memiliki sejumlah 30-juta pengguna. Operating System baru ini akan dinamakan Chrome O.S. dan rencanya akan diluncurkan kepada pengguna pada semester-II tahun 2010, dimana akan mulai dipasang pada perangkat PC jinjing Netbook agar dapat beroperasi lebih cepat dalam mengakses Web dan juga proses booting yang lebih cepat

Sistem Operasi baru ini berbasis Kernel Linux dan berlisesnsi Open Source. Dengan demikian pengembangan selanjutnya akan didukung oleh Komunitas Open Source di seluruh dunia. Karena berlisensi Open Source, maka OS Chrome ini bebas didistribusikan tanpa biaya lisensi. Jadi ini akan menyaingi OS Microsoft Windows Vista, XP, maupun Windows 7 yang akan segera diluncurkan Microsoft.

Aplikasi-aplikasi diatas Chrome OS awalnya akan dibuat oleh Google, namun karena OS ini bersifat sumber terbuka, maka siapa saja bebas membuat aplikasi-aplikasi baru. Pada awalnya memang Chrome OS ini akan difokuskan untuk Netbook, namun nantinya juga akan dapat dipakai untuk PC dan Laptop biasa yang lebih besar, menggantikan Linux OS.

Khusus tentang hal yang terakhir diatas, Komunitas Open Source sedikit khawatir, bila Google Chrome OS ini akan dapat memecah perkembangan Linux OS, seperti Ubuntu, Fedora, Mandriva, OpenSUSE, dll.

Silahkan ditanggapi.

One response to “Google tantang Microsoft dengan Chrome Operating System

  1. Ray Dhanitra Ahmad

    Langkah yang diambil oleh Google ini sangat revolusioner. OS yang dirilis oleh Google ini dapat menyelesaikan masalah seputar OS apa yang akan dipakai untuk seorang brainware yang baru membeli perangkat komputer. Ini juga bisa mengurangi efek dari monopoli Microsoft di beberapa negara, contohnya Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s