Persaingan ketat Dunia Maya: MySpace PHK 67% Karyawannya

Persaingan di Dunia Maya makin hari makin seru. Indonesia termasuk sepuluh besar pengguna Jaringan Sosial Di Dunia Maya, seperti MySpace, Multiply, FaceBook, WordPress, Blogspot, Youtube, YM, Yahoo Mail, Google Mail, Twitter, Chatting, dan lain-lainnya.

Yang kurang diketahui para pebisnis Dunia Maya LN tentang Indonesia adalah masalah daya belinya yang sangat rendah, padahal layanan-layanan Jaringan Sosial tersebut hidupnya dari sewa ruang iklan di Dunia Maya dan transaksi e-Commerce sebagai hasil dari pemasangan iklan. Mereka menerima kunjunan ribuan atau jutaan kali ke Situs-situs mereka, namun realisasi transaksi yang ada uangnya hanya terjadi sangat kecil.

Bulan lalu eksekutif Facebook meminta kepada para pemegang saham agar menambah pinjaman untuk dana operasional mereka, walaupun investasi mereka belum kembali. Tujuhpuluh persen traffic Facebook berasal dari LN, dimana yang terbesar adalah dari Turki dan Indonesia. Facebook harus keluar biaya besar untuk menyimpan 850 juta foto dan 8 juta video yang di-upload para pelanggannya.

Jumlah pelanggan MySpace saat ini mencapai 130-juta, dimana 45%-nya berada di LN. Pelanggan MySpace di India telah mencapai 750.000 orang.

Untuk pertamakalinya dalam sejarah, jumlah pelanngan MySpace dilampaui oleh Facebook, karena jejaring sosial baru ini makin digemari masyarakat, terutama dari Indonesia dan negara-negara berkembang, sebab sudah tersedianya berbagai fitur layanan yang lebih menarik.

Melihat persaingan yang begitu ketat ini, maka bulan ini manajemen MySpace untuk mem-PHK-kan 67% karyawan luar negerinya agar dapat menghemat biaya operasional. Awal tahun ini MySpace mencatat kerugian sebesar US$89 juta. Perusahaan ini dimiliki oleh Rupert Murdoch, seorang konglomerat multimedia yang terkenal.

Bagaimanakh prospek pebisnis Dunia Maya Indonesia? Yang jelas, detik.com, kompas.com, kaskus.com, kapanlagi.com masih terus bertahan dan berinnovasi. Yang terbaru, Kompas memberikan layanan akses iklan menggunakan Barcode dua dimensi.

Silahkan ditanggapi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s