Communicasia 2009: LTE akan mendominasi 4G, namun INTEL akan tetap mendukung WiMAX

Mr. Alan Hadden, President Global cellular Supplier Association (GSA) yang berbicara pada acara Next Generation Broadband Forum summit di Communicasia 2009 pada tanggal 19 Juni 2009 memberikan kesimpulan bahwa masa depan komunikasi pita lebar akan didominasi oleh sistem LTE (Long Term Evolution) yang merupakan kelanjutan dari sistem 3.5G HSDPA yang saat ini sudah beroperasi di Indonesia.

Sistem komunikasi pita lebar berbasis WiMAX tidak akan pernah mencapai skala ekonomis dalam jangkauan dan jumlah pelanggan yang saat ini didominasi oleh jaringan pita lebar GSM 3G, sebab memang mulainya sudah sedikit terlambat. Namun para pendukung WiMAX menyatakan bahwa sistem ini akan menempati ceruk pasar pita lebar tertentu. INTEL juga menyatakan bahwa produsen Chipset WiMAX ini akan tetap mendukung pengembangan WiMAX Standard 802.16e.

Masih ada kesempatan selama 2 tahun untuk mengembangkan jaringan WiMAX agar mencapai titik ekonomis. Ini bermanfaat bagi pemain pita lebar baru yang belum dapat atau tidak mungkin mendapatkan lisesni 3G untuk masuk ke bisnis pita lebar. Walaupun WiMAX dan LTE memiliki kesamaan dalam penggunaan OFDMA (Orthogonal Frequency Division Multiple Access) untuk Radio Access Network (RAN), namun konvergensinya tidak diharapkan dalam waktu dekat (dalam spesifikasi WiMAX standard 802.16n). Didalam kelompok studi 3GPP (3G Partnership Program), telah dibahas interworking antara LTE dan WiFi, didalamnya termasuk WiMAX. Dalam waktu 12-bulan mendatang diharapkan akan disiapkan sertifikasi untuk end-to-end WiMAX.

Kesimpulannya, pilihan LTE atau WiMAX bukanlah pilihan Teknologi, melainkan ditentukan oleh Model Bisnis dan Skala Ekonomisnya. WiMAX tidak akan pernah mengalahkan skala ekonomis LTE. WiMAX sangat cocok buat pemain pita lebar kecil yang tidak bisa memperoleh lisensi 3G.

Bagaimanakah dengan WiMAX Indonesia? Silahkan ditanggapi.

One response to “Communicasia 2009: LTE akan mendominasi 4G, namun INTEL akan tetap mendukung WiMAX

  1. Bukannya WIMAX itu sengaja lambat dikeluarkan karena alasan pasar industri 3G yang perlu waktu untuk lebih lama menghasilkan uang ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s