TELKOM cari Dana untuk Merger dan Akuisisi Rp 4,8 Trilyun

PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TELKOM) saat ini sedang mengupayakan Dana pinjaman untuk membiayai langkah bisnis mereka melakukan Merger dan Akuisisi sebesar Rp 4,8 Trilyun. Dana eksternal ini merupakan bagian dari kebutuhan Dana Eksternal yang direncanakan sebesar Rp 8 Trilyun atau US$ 700 juta pada tahun 2009.

Selain untuk membiayai merger dan akuisisi, dana eksternal itu juga akan dugunakan untuk belanja modal (CAPEX) sebesar Rp 3,2 Trilyun untuk Proyek Satelit TELKOM-3 sebesar US$ 150 juta dan Proyek SKKL Jaka2ladema (Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Denpasar dan Mataram) sebesar US$ 115,41 juta.

Dana merger dan akuisisi sebesar Rp 4,8 Trilyun itu adalah untuk akuisisi perusahaan Telecommunication Company of Iran (TCI) sebesar 25% sahamnya senilai Rp 2 Trilyun dari 100% yang saat ini dimiliki oleh Pemerintah Iran.

Diluar anggran tersebut diatas, TELKOM menganggarkan pula perluasan jaringan Seluler sebesar Rp 14 Trilyun dan jaringan non-seluler sebesar Rp 7 Trilyun.

Untuk kebuthan dana-dana tersebut PT TELKOM telah mengundang sejumlah 21 bank, yaitu 5 bank Pemerintah, 9 bank swasta dan 7 bank asing untuk kemungkinan penyediaan dana bagi PT TELKOM.

Harga saham PT Telkom hari Rabu 28 Januari 2009 ditutup pada harag Rp6.350 per saham atau turun sebesar 2,31%.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s