Layanan 3G Lelet, Warnet kembali jadi pilihan Pelanggan

Layanan Internet 3G melalui jaringan Bergerak Seluler yang dimulai sejak 3-tahun yang lalu, makin hari makin lelet karena meningkatnya jumlah pelanggan 3G yang tidak diikuti oleh peningkatan lebar Bandwith layanan ini. Klaim para penyelenggara layanan 3G yang menyatakan bahwa kecepatan layanan itu mencapai 3,6 Mbit/det sampai 7,2 Mbit/det hanyalah slogan-slogan kosong belaka. Kenyataannya kecepatan download maksimal yang terekam saat kondisi baik hanyalah sekitar 1,5 Mbit/det, dan mayoritas waktu terutama disiang hari kecepatannya hanya dibawah 1kbit/det yang mengakibatkan para penggguna menjadi frustasi, kehilangan waktu mereka yang sangat berharga pada hari kerja maupun selama liburan. Yang lebih parah lagi, kecepatan uplink disaat kondisi baik hanyalah sekitar 100 kbit/det, sedang mayoritas waktu kecepatannya hanyalah sekitar 1kbit/det sampi 0 kbit/det (stalled).

Para Operator Seluler diminta agar melakukan upaya yang nyata untuk menyelesaikan permasalahan fundamental tentang keterbatasan Bandwidth layanan 3G, bila ingn benar-benar memberikan layanan yang sesuai dengan janjinya. Faktor ini juga merupakan penghambat kemajuan bisnis Broadband Internet yang seharusnya berkembang dengan berbagai Content yang menarik untuk memajukan bangsa dan negara.

Kekesalan terhadap layanan 3G yang lelet ini memuncak saat kita menghadapi liburan panjang akhir tahun 2008 sampai dengan hari Senin, 5 Januari 2009. Puluhan jam waktu kita yang berharga menjadi sia-sia saat kita memerlukan Internet kecepatan tinggi untuk upload dan download content Web di Internet untuk mengantisipasi bisnis tahun 2009.

Warnet Sederhana

Warnet Sederhana

Pada akhirnya upaya kami untuk upload content di Internet dapat teratasi dalam waktu 3 jam melalui sebuah Warnet sederhana di Jalan Rempoa Raya, dengan peralatan komputer tua yang sederhana tetapi kecepatan transmisinya termasuk high speed dengan biaya Rp 15.000 untuk pemakaian 3-jam. Penampilan Warnet tua ini sangat sederhana seperti pada foto terlampir, tanpa iklan layanan yang muluk-muluk, tetapi memuaskan banyak pelanggan.

Setelah selesai, untuk menghilangkan kekesalan dan kecapaian naik sepeda ke Warnet ini, kami mampir ke Warung didepan Warnet untuk menikmati makanan Tongseng khas warung ini.

Semoga keluh-kesah kami ini mendapat perhatian para Operator Seluler untuk meningkatkan layanan 3G mereka sesuai janjinya, agar dapat menunjang tuntutan kemajuan zaman.

Warung Tongseng

Warung Tongseng

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s