India Luncurkan Layanan 3G hari Kamis 11 Desember 2008

PM India Manmohan Singh

PM India Manmohan Singh

Perdana Menteri India Manmohan Singh hari kamis 11 Des 2008 meresmikan peluncuran layanan 3G di New Delhi dan Mumbai, India yang dilaksanakan oleh BUMN Telekomunikasi MNTL dengan biaya investasi sebesar US$83 juta. Peluncuran ini ada;ah peluncuran soft-launch, sebab tarif layanan ini belum ditetapkan. BUMN lainnya, yaitu BSNL baru akan meluncurkan layanan 3G pada akhir Desember 2008.

Menarik untuk disimak, bahwa rencana semula untuk memisahlan lisensi spektrum 2G dan 3G di India ternyata akan dibatalkan, mengingat rumitnya pengaturan yang diperlukan, dimana semula direncanakan bagi operator 3Gdibebani biaya 3% dari revenue, sedangkan operator 2G dibebani biaya 4-5% revenue, tergantung besarnya spektrum frekwensi yang dipakai.

Aturan yang ada, untuk spektrum 2G diberlakukan “First Come First Serve”. Namun partai Komunis India (CPIM) yang menguasai 44 kursi dari 552 kursi di DPR India, menentang kebijakan ini.

Berita lain, Pemerintah India telah menyelesaikan sebuah study untuk pengaturan Mobile Virtual Network Operator (MVNO) yang akan segera diumumkan.

Regulasi lainnya, di India diberlakukan Self-Certification tingkat radiasi dari menara2 BTS masing-masing agar sesuai dengan radiasi maksimal menurut aturan Internasional CCIR.

Referensi lainnya, di Cina juga baru menerapkan layanan 3G, walaupun negara itu adalah exportir terbesar dunia perangkat2 HP 3G. Di Cina juga sedang dilakukan merger 6 Operator Telekomunikasi ke 3 operator Telekomunikasi yang masing-masing memiliki lisensi Mobile dan Fixed Telekomunikasi, sehingga persaingannya akan menjadi Apple-to-Apple dan sehat.

Indonesia sudah menerapkan 3G sejak 3-tahun lalu, tetapi sampai hari ini, belum terlalu bayak yang memanfaatkan layanan ini, sebab mutu layanannya kurang memuaskan, coveragenya sangat terbatas sehingga kecepatan transmisi yang dijanjikan sebesar 3,6 Mbit/sec ternyata dilapangan kurang dari 10kbit/sec, malah sering kurang dari 1 kbit/sec. Bagaimana tanggungjawab para Operator 3G Indonesia yang meng-klaim kecepatan tinggi??

Rendahnya kecepatan transmisi 3G Indonesia menyebabkan banyak aplikasi2 canggih dan innovatif tidak dapat diterapkan pada jaringan 3G Indonesia, seperti 3G call, Unified Communication dan Collaboration, Google Desktop yang berbasis Web, Streaming Video, VOD, Video Social Networking (Youtube, Facebook, Myspace, dll), Web 2.0, Web 3.0, dll.

Silahkan ditanggapi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s