IGADD dan Business 2.0: Hasil Business Luncheon Kamis 5 Juni 2008

Siang hari ini Kamis 5 Juni 2008 kami ikut menghadiri acara Business Lunch yang diselenggarakan oleh IGADD dan MASTEL di Hotel Ritz Carlton, Mega Kuningan Jakarta.

IGADD atau Investors Group Against Digital Divide adalah sebuah organisasi non-profit yang didirikan oleh Dr. Ilham Habibie dari The Habibie Center dan Prof. Craig Warren Smith dari MIT, masing-masing selaku Co-Chairman. Tujuan utamanya adalah membuat lingkungan yang kondusif bagi para Investors besar maupun kecil agar mau berinvestasi
bagi pembanguan Backbone Jaringan Broadband maupun Jaringan Acces ke para pengguna jasa, dan menjadikannya sebagai broadband yang bermanfaat bagi Rakyat Indonesia.

Dalam acara itu, ada tiga orang pembicara, yaitu Bapak Dirjen Postel Basuki Yusuf Iskandar, Pak Ilham Habibie, dan pak Craig Warren Smith.

Bapak Dirjen menyampaikan perkembangan mutakhir pembangunan jaringan Serat Optik DN maupun LN yang menghubungkan Jakarta dengan Singapore, Kuala Lumpur, Australia, Vietnam, Hongkong dan Tokyo yang telah mendapat ijin, dan ada yang sudah mulai instalasi. Tender untuk Jaringan SO Palapa Ring saat ini juga sudah dimulai. Diharapkan pada tahn 2009 berbagai Jaringan Backbone SO ini sudah akan beroperasi.

Yang masih diharapkan adalah investor untuk hubungan Backbone dari Manado ke Filipina, agar makin banyak alternatifnya, dan dipakai untuk sistem back-up/redundancy.

Untuk Jaringan Akses ke pelanggan, maka akan dipakai Jaringan WiMAX, selain dari existing jaringan Seluler Mobile, dan 3G/HSDPA, dan WiFi/HotSpots.

Pak Dirjen Postel boleh berbagga, bahwa semmua jaringan itu dibangun melalui kerjasama Public-Private-Partnership (PPP).

Sebagai penutup, pak Dirjen mengutip lagu Martin Luther King dalam mengharapakan impiannya: “I have a Dream….”. Suatu hari Indonesia akan maju pesat dengan jaringan Broadband Internet. Semoga!

Pak Ilham Habibie menjelaskan tentang organisasi IGADD, Visi, Misi dan Tujuannya. Dilaporkan bahwa IGADD saat ini telah menandatangani MOU dengan DEPKOMINFO dan MASTEL.

Pak Craig Warren Smith memberikan uraian tentang cara untuk merealisasikan tujuan IGADD, yaitu melalui kerjasama dengan berbagai pihak, Pemerintah/Regulator, Organisasai2 Internasional (World Bank, ITU, dll), NGO Indonesia (MASTEL, Universitas2, dll), Para Investor LN maupun DN (Goldman Sachs, dll), Perbankan (BCA, HSBC, BRI, Mandiri, dll).

Dari hasil tanya-jawab, dapat disimpulkan bahwa “Meaningful Broadband” di Indonesia hanya akan dapat dicapai bilamana melibatkan semua stakeholders, baik investor maupun operator jaringan infrastruktur Broadband, maupun penyedia dan pengguan Content untuk meramaikan penggunaan Jaringan Broadband itu bagi kemajuan bangsa dan negara.

Menyangkut Investors, sesuai kepanjangan dari IGADD, ada investor besar dan operator2 besar untuk jaringan Backbone yang panjang dan mahal (kabel SO bawah laut), namun lebih banyak lagi investor2 dan operator2
kecil untuk jaringan akses lokal yang relatif murah dan bisa didanai dari DN. Juga untuk content-nya umumnya bisa disediakan dan di-operasikan oleh anak-anak bangsa Indonesia. Inilah makna penting dari Business 2.0, partisipasi semua pihak yang berkepentingan, sebagaimana dengan era Web 2.0 Social Networking yang melibatkan partisipasi semua pihak yang berkepentingan.

Semoga tujuan yang mulia dari IGADD ini didukung oleh semua elemen bangsa Indonesi demi mencapai Masyarakat Indonesia yang maju, cerdas, aman, makmur, damai dan sejahtera. Insya Allah, Indonesia Bisa!

Wassalam,
Sumitro Roestam
Sent via Open Source Software Blankon “Lontara” version 3.0 Made in Indonesia
————————————————————————–
Pakailah Software Legal – Awas ada sweeping Laptop di Bandara Cengkareng!
————————————————————————–

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s