Tips buat Capres Pemilu 2009: Internet, Web 2.0 dan Viral Marketing menjadi penentu Kemenangan

Barack Obama Internet dan Web 2.0 diramalkan akan menjadi penentu kunci kemenangan Pemilu 2009. Telah banyak buktinya bahwa dengan cepatnya penyebaran informasi kepada masyarakat melalui teknologi Web 2.0 seperti Blog, Interactive Web (AJAX), Streaming Video YouTube, Slideshow Flickr bagaikan virus ganas yang menyebar cepat keseluruh penjuru dunia (Viral Marketing).

Kita saksikan bagaimana peringkat Kandidat CaPres AS Barrack Obama dapat naik tajam melalui music video yang inspirasional berjudul: “Yes We Can” yang mirip slogan kemenangan Bapak Presiden SBY: “Bersama Kita Bisa”, dimana Barrack Obama sebagai bintangnya dan lyrics yang diambil dari pidatonya di acara kampanye pembukaan di New Hampshire, USA. Kepopuleran streaming video kampanye melalui YouTube itu karena hal ini adalah yang pertama kali dilakukan untuk Kampanye CaPres AS (Teori marketing: Yang Pertama adalah yang akan menjadi Leader). Pembuatan Streaming Video ini bukan atas inisiatif pribadi Obama, melainkan inisiatif beberapa artis Hip-Hop yang menginginkan agar Obama menang dalam Pemilu 2008 di AS.

Partisipasi sosial masyarakat menggunakan media Internet dalam Kampanye CaPres AS 2008 merupakan contoh trends yang sedang berjalan saat ini. Bila dalam Kampanye CaPres 2004 di AS digunakan Kehadiran Web secara statis, maka dalam tahun 2008 dipakai Kehadiran Web 2.0 yang dinamis (Web 2.0 Presence), dimana selain info tentang CaPres yang statis, juga ada proses partisipasi social masyarakat melalui networking di Internet, Blogs, Situs Socio-Video, embedded Widgets dan lain-lain lagi yang mampu menjangkau jutaan pemirsa/voters dalam waktu sangat singkat!

Di AS saat ini mayoritas kandidat partai Demokrat maupun Republik sudah memiliki Blog di MySpace dan Facebook yang populer, untuk menjangkau jutaan pemilih dan berinteraksi dengan mereka.

Web 2.0 Viral marketing Strategy Barack Obama yang berhasil adalah sbb:

  1. Membuat Situs web my.BarackObama.com
  2. Mengisi konten Streaming Video “Yes We Can” di Situs Web tersebut diatas.
  3. Menyarankan para pendukungnya membuat Blog di Facebook dan MySpace, dan mengisi dengan konten Streaming Video “Yes We Can” dari Obama agar dilihat masyarakat (Viral Marketing – jumlahnya meningkat secara exponensial).
  4. Melalui Situs my.BarackObama.com, dibangun Komunitas Blogs para pendukungnya.
  5. Mengisi Blogs para pendukungnya dengan berbagai aktivitas bersama, a.l. Pengumpulan Dana, saran, pendapat dan dukungan kepada kandidat CaPres, komunikasi antar pendukung, dsb.

Di Era Masyarakat Informasi ini, peran diskusi interaktif yang intelligent melalui Komunitas Blog para pendukung Barack Obama merupakan sebuah langkah yang strategis untuk mengisi pikiran (mind) para pendukungnya untuk lebih mantap lagi selaku calon voters dalam Pemilu AS tahun 2009. Kesimpulannya, melalui sarana dunia maya ini, Barack Obama akan menjadi pemenang dalam perebutan “pikiran” atau “mind” pemilih (voters) Amerika Serikat.

Dengan makin meningkatnya jumlah peng-akses Internet di Indonesia, terutama di kalangan Generasi Muda, maka peran Kampanye Viral Marketing Barack Obama dapat dijadikan contoh bagi para CaPres Pemilihan Presiden tahun 2009.

just in my ability to bring about real change in Washington…Semoga bermanfaat bagi kemajuan bangsa dan negara.

Berikut ini adalah contoh dukungan kepada Capres Barack Obama melalui Komunitas Blog-nya sbb:

A peaceful world, a save and secure country, freedom of speech, freedom of expression, a world leader of democracy are the current dreams of the majority of the people of the United States of America that had been lost for many years. It is the time for all of us to elect a new Leader who is capable to make the change in our country and society to fulfil our long awaited dreams. We need a leader with a peaceful mind, having a clear understanding of the need of his people, willing to listen to his people, a man of integrity and strong determination to make the necessary change in the United States of America.Among the many US Presidential Candidates that we have seen and met so far, only Barack Obama is the most suitable one to become the next US President for the period of 2009-2014, who best met the leadership criteria stated above.Let us from now on we combine our mind, energy and resources to support the suuccessful election of Barack Obama in the coming US Presidential election.
Together We Can, Yes We Can! Let us cast our vote for Barack Obama!
Barack Obama: “I’M ASKING YOU TO BELIEVE..Not just the real change in Washington…. I’m asking you to believe in yours.”
Mas Barack, Abang dapat satu tambahan vote dari Indonesia!

9 responses to “Tips buat Capres Pemilu 2009: Internet, Web 2.0 dan Viral Marketing menjadi penentu Kemenangan

  1. Pingback: Tips buat Capres Pemilu 2009: Internet, Web 2.0 dan Viral Marketing menjadi penentu Kemenangan - siwah.com

  2. Pingback: Artikel

  3. Pingback: Online Social Networking sebagai Salah Satu Media Kampanye 2009 « InfoTechPolitics

  4. Untuk Pilkada Walikota Bandung, Pak Taufikurahman, dosen ITB yang maju sebagai calon walikota, sudah memulai dengan situsnya
    http://taufikurahman.com meski belum selengkap Barack Obama.

  5. Pingback: Akankah sesukses Obama? « Pijar Merah Nusantara

  6. Pingback: Online Social Networking sebagai Salah Satu Media Kampanye 2009 « Sltpn1-cluring’s Blog

  7. Sekarang Sudah Mulai Banyak Pejabat yang mulai melek dengan teknologi Informasi (Internet), dan sudah mulai merasakan Kehebatan dan Kedasyatan Teknologi Internet. Ini dibuktikan dengan banyaknya Pejabat yang Mulai Demam BLoG! Dan Demam Blog ini sudah mulai Meracuni hampir semua kalangan, Baik Pelajar – Guru dan Usahawan.

    Semoga Demam BLoG dapat cepat menyebar dan mewabah di Indonesia.

  8. Pingback: tety » Friendster.com VS Facebook.com

  9. Assalamu alaikum wr. wb.

    Saudaraku tersayang,
    lihat kenyataan yang ada di sekitar kita!

    Uang Dihamburkan…
    Rakyat dilenakan…
    Pesta DEMOKRASI menguras trilyunan rupiah.
    Rakyat diminta menyukseskannya.
    Tapi rakyat gigit jari setelahnya.
    DEMOKRASI untuk SIAPA?

    Ayo temukan jawabannya dengan mengikuti!

    Halqah Islam & Peradaban
    –mewujudkan rahmat untuk semua–
    “Masihkah Berharap pada Demokrasi?”
    Tinjauan kritis terhadap Demokratisasi di Dunia Islam

    Dengan Pembicara:
    Muhammad Rahmat Kurnia (DPP HTI)
    KH. Ahmad Fadholi (DPD HTI Soloraya)

    yang insyaAllah akan diadakan pada:
    Kamis, 26 Maret 2009
    08.00 – 12.00 WIB
    Gedung Al Irsyad

    CP: Humas HTI Soloraya
    HM. Sholahudin SE, M.Si.
    081802502555

    Ikuti juga perkembangan berita aktual lainnya di
    hizbut-tahrir.or.id

    Semoga Ia senantiasa memberikan petunjuk dan kasih sayangnya kepada kita semua.
    Ok, ma kasih atas perhatian dan kerja samanya. (^_^)
    Mohon maaf jika ada ucapan yang kurang berkenan. (-_-)

    Wassalamu alaikum wr. wb.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s