Mobile World Congress: 2008 Tahun Mobile Linux

Mobile World Congress 2008 yang saat ini masih sedang berlangsung membeirkan kejutan-kejutan dalam teknologi baru Layanan Telematika Bergerak (mobile ICT services), dimana salah satunya adalah menjadikan tahun 2008 ini menjadi Tahun Layanan Telematika Bergerak dengan memanfaatkan Software Open Source Linux dalam berbagai perangkat HP dan PDA yang bisa membuatnya menjadi sangat kompetitif ditinjau dari segi harga, features dan performance, sebab dipakainya Software Open Source yang sangat cangih namun berbiaya sangat murah.

Contoh HP 3G penuh dengan features (Voice Call, Video Call, Camera 1,3 Megapixels atau lebih, dll) adalah Samsung SGH-Z170 dan LG model KU-250, yang harganya di Indonesia sekitar Rp 1,4 juta atau sekitar US 140-150,-.

Sebagai hasil kolaborasi antara NXP Semiconductors dengan Purple Labs – sebuah pengembang perangkat Mobile Linux secara massal dan menghasilkan HP Purple Magic sebagai model referensi HP yg bisa disetel untuk menambah atau mengurangi features-nya (misalnya, dimatikan feature Video Call-nya, sebab memang jarang yang memanfaatkan, karena akan membutuhkan Bytes data dan biaya tagihan yang mahal).

Hasilnya akan dimunculkan produk-produk HP baru berbasiskan Operating System Linux yang berbiaya sangat murah. Kita akan segera dapat membeli HP 3G yang ber-features banyak namun berharga jual sangat murah, sekitar US$ 100,- atau kurang. (kurang dari Rp 1 juta).

Suatu hal yang ingin kami tekankan adalah, bahwa dengan menggunakan Open Source Software Linux, maka harga perangkat HP atau PDA dapat dibuat sangat murah dan kompetitif, sebab sudah terbukti di lapangan, bahwa OSS itu sangat canggih.

Di Indonesia saat ini sudah beredar Software-software Open Source berbasis Operating System Linux maupun Windows dengan cukup luas dan cukup banyak pemakainya. Operating System Linux yang sudah banyak beredar disamping IGOS Nusantara, juga lebih banyak lagi software2 Linux OS Ubuntu, OpenSUSE, Blankon (made in Indonesia), Mandriva, PC Linux, Fedora, dan lain-lain.

Untuk aplikasi Perkantoran, saat ini sudah banyak beredar Open Office versi 2.3, Star Office dari Sun Microsystems, dan yang lebih baru lagi adalah Multimedia Office dari Plata Sofware yang lebih lengkap lagi, disamping wordprocessor, spreadsheet, SW presentasi, dan database, maka ada tambahan lagi software multimedia, seperti untuk aplikasi audio, video, prosesor grafis (seperti Photoshop), project management, dsb.

Aplikasi-aplikasi office dan multimedia tersebut diatas adalah berlisensi GPL (General Public Lisence), sehingga dapat diperbanyak untuk keperluan sendiri tanpa melanggar HAKI. Keunggulan lainnya adalah kemapuannya untuk dipakai pada multi-platform, yaitu Linux OS maupun Windows OS. Software-software ini juga mampu membaca dan menyimpan file-file yang berbasis Operating System Windows yang banyak dipergunakan masyarakat.

Seperti pernah kami ramalkan pada akhir tahun 2008, Software-software Open Source akan mendominasi pasar Software mulai tahun 2008 ini.

Semoga dengan kenyataan ini, maka kita bisa lebih mantap lagi dalam mengembangkan Software memanfaatkan OSS bagi Instansi Pemerintahan, masyarakat umum, UKM, mahasiswa dan pelajar yang memang memiliki anggaran yang terbatas atau keharusan menggunakan anggaran tersebut secara cost-effective.

Kami harapkan Program IGOS dapat kembali di-intensifkan pengembangannya dan pemanfaatannya.

Semoga masyarakat Indonesia selanjutnya akan bisa menikmati perangkat-perangkat lunak OS tersebut diatas tanpa harus direpotkan dengan aksi-aksi sweeping perangkat lunak yang sangat merugikan para pengusaha, UKM, Koperasi, dan individu-individu, sebab software-software OSS tersebut adalah software yang legal untuk dipakai masyarakat luas. Ini merupakan sebuah langkah maju bagi bangsa Indonesia dalam menerapkan TIK bagi kemajuan yang pesat di berbagai bidang kehidupan bangsa.

One response to “Mobile World Congress: 2008 Tahun Mobile Linux

  1. thanks atas inpo nya yach

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s