Menerapkan Blue Ocean Strategy di Bisnis Warnet

Contoh yang gampang dan nyata dari Blue Ocean Strategy di Indonesia yang pernah berhasil baik adalah Strategy Enterprise Aa Gym, yang meguasai pasar secara Vertical Integration:

– Mulai dari Holding-nya, Aa Gym Enterprise (Manajemen Kolbu)
– Anak2 perusahaannya, dari Ceramah2 Aa secara reguler, penerbitan buku2nya, Restoran/Cafe-nya, Siaran Radio-nya, Siaran TV-nya, Produksi dan Penjualan Pernik2 dengan Brand Aa Gym, dll.

Tidak ada lagi produk lain (dari Ustadz saingannya) yang mampu menemus Pasar Blue Ocean Aa Gym saat itu, sampai akhirnya citra Aa Gym runtuh akibat langkahnya yg banyak di-tentang oleh para Ibu2 penggemar beliau, saat beliau melakukan Polygami.

Maka berubahlah pasar Blue Ocean itu jadi Pasar Red Ocean, dimana kekosongan bisnis Aa Gym rame2 diambil para pesaingnya.

Sekarang bagaimanakah menciptakan Pasar Blue Ocean di Bisnis Warnet?

Ciptakanlah Bisnis Enterprise Warnet, mulai dari Holding Warnet, dengan bisnis2 vetical turunannya, yaitu membentuk anak2 perusahaan Warnet, seperti: Resto/Cafe, Gemes Center, Produksi dan Sales Software2 (Open Source), Bisnis Coversi Format Music, Video, Streaming Video, Bisnis Future Trading, Stock dan Forex Trading via Warnet, e-Commerce, e-Education, e-Proc, e-Gov, e-Learning, e-Medicine, dll melalui Terminal di Warnet, Jualan Voucher Pulsa, Printing, Fotocopy, dll.

Millenia Cafe sebenarnya sudah memulainya, tinggal memperluas, dan membuat Franchise bisnis dengan merger dari Warnet2.

Silahkan ditanggapi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s