Potensi, Peran dan Aplikasi Web 2.0

Merujuk kepada berita di Harian Kompas terbitan hari ini, Senin, 7 Januari 2007, pada rubrik “form@t” halaman 33, diberitakan bahwa Harian ini, sebagai harian ber-oplaag terbesar di Indonesia sepantasnya mempelopori kehadiran sebuah Megaportal pertama di Indonesia yang berbasiskan konsep Web 2.0, jaringan social networking yang sedang ngetrend di negara-negara maju. Rencananya, Megaportal Kompas akan diluncurkan empat hari lagi.

Ini adalah sebuah langkah Manajemen Kompas yang sangat tepat, dalam mengantisipasi perobahan di dunia Media, sebab perlahan tetapi pasti, akan terjadi perobahan dalam kebiasaan manusia membaca dan mencari berita2 penting dan paling mutakhir, dari versi cetak ke versi digital/Internet, karena lebih cepat, praktis, dan murah.

Akan terjadi perobahan besar Budaya Berkomunikasi dan Berinteraksi antar ummat manusia, yang tadinya berjalan searah menggunakan media cetak (koran), menjadi komunikasi dan interaksi antar ummat manusia secara cepat, murah, efektif dan efisien menggunalan media Internet dan Web 2.0. Akan muncul berbagai jaringan komunikasi sosial dan komunitas-komunitas yang memiliki tujuan atau interest yang sama.

Dengan beralihnya para pembaca berita-berita media cetak/koran, maka beralih pula iklan2 ke media baru Internet dan Web 2.0. Peringkat Kompas sebagai Media cetak terbesar di Indonesia saat ini dapat saja melorot ke peringkat yang lebih rendah di Era Media Komunikasi Interaktif Internet dan Web 2.0, bilamana tidak secara dini mengantisipsi kehadiran media baru ini.

Kita dapat menyaksikan saat ini bagaimana cepatnya perkembangan aplikasi2 berbasiskan Web 2.0, yaitu menjamurnya Blog-blog Internasional maupun domestik, tumbuh dan berkembangnya media Streaming Video YouTube.com dan media Photo Sharing Flickr.com. YouTube.com saat ini sudah menjadi media promosi yang sangat Powerful, sehingga nilai Kapitalisasi sahamnya bernilai puluhan Milyar Dollar, mendekati Microsoft Corp., dalam waktu yang sangat singkat!

Indonesia dalam kurun waktu sekitar Satu Tahun lebih sedikit akan menghadapi Pemilihan Umum secara Langsung Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia yang ke-7, dan melihat betapa pesatnya perkembangan Media baru Web 2.0 sebagaimana diuraikan diatas, bisa saja Media Web 2.0 ini akan menjadi faktor penentu menang atau kalahnya pasangan Kandidat Presiden/Wakil Presiden dalam Pemilu bulan April 2009 mendatang. Oleh karena itu Topik Bahasan No. 36.”Potensi, Peran dan Aplikasi Web 2.0″ menjadi sangat menarik dibuatnya.

2 responses to “Potensi, Peran dan Aplikasi Web 2.0

  1. Pingback: JalanSutera.com » Megaportal Kompas

  2. Wah.. Jadi Ingin Kenal aplikasi Web 2.0 nih. bagaimana Caranya ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s