Perencanaan dan Pemanfaatan Satelit

Indonesia masuk dalam Sejarah Persatelitan Dunia sebagai Negara yang meluncurkan Satelit Komunikasi Komersiil ke-Tiga setelah Amerika Serikat dan Kanada pada tahun 1976. Pencetus idee awal Peluncuran Satelit Indonesia (Palapa A) adalah Prof. Dr. Iskandar Alisyahbana, dan para tokoh-tokoh yang berperan dalam pembangunannya seperti pak Djiwatampu, pak Adi Adiwoso, pak Sahala Silalahi, pak Saleh Gunawan dan banyak yang lainnya lagi.

Dengan status sebagai negara ke-3 yang pertamakali meluncurkan Satelit Komunikasi, maka omongan kami selaku delegasi di Pertemuan-pertemuan penting ITU (Plenipotentiary ITU, CCIR, WARC), selalu didengar dan diperhatikan oleh negara-negaa lainnya, baik negara maju maupun negara berkembang.

Namun bagaimanakah jumlah satelit yang kita miliki hanyalah 5 buah, sama seperti Thailand, sedangkan negara kecil seperti Singapore sudah memiliki 6 buah satelit. Ini merupakan kemunduran dari posisi paling Top diantara negara2 berkembang, menjadi hanya pada posisi yang bukan lagi jadi panutan negara2 lain. Malah kita sekarang harus belajar banyak dalam perencanaan dan pemanfaatan Satelit2 Komunikasi Komersiil.

Silahkan ditanggapi dan diberikan saran-saran yang positif untuk kemajuan dunia persatelitan di Indonesia.

One response to “Perencanaan dan Pemanfaatan Satelit

  1. seharusnya indonesia menjadi sebuah negara standarisasi bagi negara2 di asia tenggara baik dalam teknologi, sosial, budaya, pertahanan dan keamanan serta politik.

    tapi nyatanya kok terbalik, sekarang malah kita yang mencontoh negara tetangga yang notabene merupakan negara kecil yang apabila kita mau merebutnya cukup dengan waktu 1 minggu saya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s