Koperasi Teknologi Informasi dan Pusat Pemasaran Bersama

Penerapan dan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bagi kebanyakan Perusahaan-perusahaan Besar sudah menjadi standard dan sudah tidak ada lagi kendalanya, sebab dengan TIK tersebut perusahaan2 itu mampu bersaing meghadapi para pesaing bisnisnya.

Namun bagaimanakah dengan UKM, Koerasi dan Usaha2 Mikro? Mereka masih memiliki kendala besar untuk mengakses maupun menerapkan di masing-masing unit bisnis mereka, terutama kendala pengetahuan TIK dan Permodalan untuk memberli perangkat TIK.

Pembentukan Koperasi Teknologi Informasi yang dapat men-share Pengetahuan TIK maupun Permodalan Pengadaan perangkat TIK adalah salah satu upaya yang dapat dilakukan bersama. Pemerintah hendaknya memfalisitasi kehadiran Koperasi2 TIK yang seharusnya tumbuh mnjamur dinegeri ini untuk mensejahterakan rakyat.

Pembentukan Sentra Pemasaran Bersama bagi UKM, Koperasi dan Usaha Mikro merupakan langkah yang baik untuk mendongkrak penjulan produk2 mereka.

Silahkan ditanggapi dan diberikan saran-saran yang positif.

4 responses to “Koperasi Teknologi Informasi dan Pusat Pemasaran Bersama

  1. Menarik membaca inisiatif pembentukan Koperasi Teknologi Informasi yang dapat men-share pengetahuan TIK dan memfasilitasi unit-unit usaha koperasi, mikro, kecil dan menengah (UKMKM) untuk memahai TIK sehingga dapat membantu mendukung pengembangan usaha mereka dan pada gilirannya pertumbuhan UKMKM dan perekonomian.

    KNOWLEDGE MANAGEMENT perlu didukung oleh TIK; proses penciptaan nilai tambah dengan memanfaatkan aset-aset nirwujud perusahaan dan membagi atau mentransfernya antar unit dalam organisasi atau antar unit pada organisasi-organisasi berbeda.

    TIK dalam UKMKM misalnya dapat diterapkan dalam memfasilitasi “knowledge sharing” atau “knowledge transfer” praktik-praktik atau resep-resep memasarkan produk UKMKM yang berhasil, resep-resep mengelola UKMKM, dan lain-lain. UKMKM perlu diberikan orientasi dan pembinaan dalam memanfaatkan TIK. Bagaimana caranya?

  2. Berbicara tentang UMKM tidak lepas dari berbicara tentang pelakunya yaitu para pengusaha. Ada dua teori menarik yang dapat menjelaskan tindakan atau perilaku pengusaha yaitu (1) Teori Penemuan (discovery theory) dan (1) Teori Kreasi (creation theory). Yang pertama melihat bahwa perilaku pengusaha menemukan dan memanfaatkan peluang (opportunity) dipicu oleh perubahan dalam industri, pasar atau kondisi lingkungan eksternal. Yang pertama memakai metafora “mendaki gunung” (mountain climbing). Yang kedua, pengusaha menciptakan peluang. Peluang ada, independen dari para pengusaha, ada di luar, siap ditemukan.
    Yang kedua memakai metafora “membuat gunung” (mountain building). Peluang tidak berada independen dari para pengusaha. Peluang siap diciptakan bagi yang menciptakan dan bersifat evolutif.
    Masing-masing pandangan ini berbeda dalam gaya kepeimpinan, pengambilan keputusan, praktik SDM, strategi, kebijakan keuangan dan pemasaran serta sumber keunggulan daya saing.

  3. (RALAT ARTIKEL DI ATAS)
    Berbicara tentang UMKM tidak lepas dari berbicara tentang pelakunya yaitu para pengusaha. Ada dua teori menarik yang dapat menjelaskan tindakan atau perilaku pengusaha yaitu (1) Teori Penemuan (discovery theory) dan (2) Teori Kreasi (creation theory).
    Yang pertama melihat bahwa perilaku pengusaha menemukan dan memanfaatkan peluang (opportunity) dipicu oleh perubahan dalam industri, pasar atau kondisi lingkungan eksternal. Yang pertama memakai metafora “mendaki gunung” (mountain climbing). Peluang ada, independen dari para pengusaha, ada di luar, siap ditemukan.

    Yang kedua, pengusaha menciptakan peluang; memakai metafora “membuat gunung” (mountain building). Peluang tidak berada independen dari para pengusaha. Peluang siap diciptakan bagi yang menciptakan dan bersifat evolutif.

    Masing-masing pandangan ini berbeda dalam gaya kepeimpinan, pengambilan keputusan, praktik SDM, strategi, kebijakan keuangan dan pemasaran serta sumber keunggulan daya saing.

    Apa implikasinya bagi pengelolaan UMKM di Indonesia? …

  4. Berkunjung dan baca infonya, mudah-mudahan bermanfaat bagi banyak orang, sukses ya.
    I Like Relationship.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s