Digital TV Implementation

DI ERA TEKNOLOGI DIGITAL TELAH BERKEMBANG PARADIGMA BARU

(12 Oktober 2006)
Jakarta, 11/10/2006 (Kominfo-Newsroom) – Deputi Kepala BPPT Bidang Teknologi Informasi, Energi dan Material, Dr. Ir. Marzan A. Iskandar, mengatakan di era teknologi digital saat ini telah berkembang suatu paradigma baru yaitu masyarakat yang disebut sebagai “Knowledge Based Society” atau masyarakat yang berbasis pada pengetahuan.

Yaitu masyarakat yang memiliki pengetahuan dan kemampunan untuk mengakses dan memanfaatkan informasi serta menjadikan informasi sebagai nilai tambah dalam peningkatan kualitas kehidupan”, kata Dr. Marzan pada pembukaan seminar dan demo bertema “Interactive Digital TV : Prospek Pemanfaatan dan Tantangannya di Indonesia” di Jakarta, Rabu (11/10).
Ia juga mengatakan, di era teknologi digital tersebut telah terjadi konvergensi teknologi dalam media penyiaran (broadcasting), media telekomunikasi dan media teknologi informasi, misalnya siaran TV bisa dilihat di HP, siaran TV dilihat melalui internet, demikian juga dengan adanya penyiaran TV digital nantinya akses internet pun dapat melalui TV.
“Oleh karena itu, penguasaan informasi beserta teknologinya menjadi syarat utama bagi masyarakat Indonesia untuk membangun kehidupan yang lebih maju,” katanya.
Berdasarkan hasil survey dinyatakan bahwa saat ini teledensitas perangkat TV di Indonesia cukup tinggi dibandingkan media informasi lain, yaitu 55% dari seluruh jumlah keluarga di Indonesia itu memiliki TV atau terdapat 40 juta pemirsa TV, maka dapat dinyatakan bahwa media TV merupakan sarana yang paling tepat untuk digunakan sebagai distribusi dan diseminasi informasi di Indonesia.
Menurut Marzan, dengan keterbatasan alokasi frekuensi yang digunakan untuk penyiaran media TV, tentunya akan mengakibatkan jumlah informasi yang diperoleh masyarakat melalui siaran TV menjadi terbatas dan kurang berimbang.
Oleh karena itu, sudah saatnya masyarakat Indonesia mempersiapkan untuk mengikuti masyarakat Negara lain untuk melakukan migrasi dari siaran TV Analog ke siaran TV Digital.
Ia mengatakan, banyak manfaat yang dapat diperoleh masyarakat dengan beralih ke penyiaran TV digital antara lain kualitas layanan gambar yang baik bagi pemirsa yang mobile, penghematan kanal frekuensi sehingga jumlah operator TV yang semakin banyak dan berkompetisi serta munculnya konten yang interaktif.
Disamping banyak hal yang bermanfaat, tentunya kendala yang akan dihadapi dalam migrasi ke siaran TV digital pun juga semakin banyak seperti regulasi bidang penyiaran yang harus diperbaiki, standardisasi yang harus segera ditentukan baik untuk perangkat dan teknologi yang akan digunakan, industri pendukung yang harus segera disiapkan baik perangkat maupun kontennya.
Ia mengharapkan, perguruan tinggi dan litbang untuk menyiapkan SDM dan penelitian di bidang teknologi penyiaran TV Digital.
“Dengan sinerginya berbagai komponen bangsa dalam migrasi ke penyiaran TV digital ini, diharapkan perekonomian masyarakat akan bisa tumbuh dan berkembang, industri di bidang TV digital menjadi meningkat dan dapat memenuhi kebutuhan lokal, penguasaan teknologi bidang penyiaran TV digital menjadi semakin tinggi sehingga lokal konten meningkat,” katanya. (GS/toeb)

4 responses to “Digital TV Implementation

  1. Alhamdulillah, web seperti ini sangat bermanfaat. Untuk menambah ilmu kita yang selalu kurang. Terimkasih mas…semoga selalu sukses

  2. Dik Maduresno Yth,

    Terimakasih atas tanggapan dan harapannya.
    Saya percaya bahwa “Bersama kita pasti Bisa!”
    Marilah kita bahu-membahu untuk memperbaiki dan memajukan negeri yang kita cintai ini.

    Wassalam,

  3. Teknologi adalah alat untuk meningkatkan kualitas hidup manusia. Saya sepakat bahwa TV Digital akan memberikan dampak yang positif bagi manusia Indonesia bilamana content yang ditayangkan memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan kualitas hidup orang kebanyakan. Namun saya masih khawatir bilamana isi tayangan TV Digital nantinya masih sama seperti isi tayangan TV yang ada saat ini, hanya akan mengubah kualitas gambar di dalam TV-nya, bukan kualitas manusia yang menontonnya.

  4. satriyodharmanto

    Pemerintah telah melakukan soft launch siaran TV digital pada 13 Agustus lalu. Berharap MASTEL lebih berperan lagi dalam mensosialisasikan implementasi teknologi ini, apalagi dengan kemampuannya dalam platform konvergensi multimedia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s