Peluncuran TV Digital: Digital Dividend pada Pita 700 MHz untuk WiMAX

Besok hari Rabu 20 Mei 2009 Presiden SBY akan meresmikan Grand Launching Siaran TV Digital Indonesia bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional yang ke-101 tahun. Soft launching TV Digital Indonesia sudah dimulai sejak tanggal 13 Agustus 2008 yang lalu di Studio TVRI Jakarta.

Siaran TV Digital ada dua jenis yaitu Digital TV Broadcast – Terrestrial (DVB-T) sebagai standar TV Digital penerimaan tetap di Indonesia. Teknologi ini dipilih karena terbukti memberikan banyak kelebihan dibanding teknologi lainnya. Kelebihan yang paling nyata adalah kemampuannya untuk melakukan effisiensi dalam pemakaian frequensi. Karena teknologi ini mampu memultipleks beberapa program sekaligus, di mana paling tidak enam program siaran dapat “dimasukkan” sekaligus ke dalam satu kanal TV berlebar pita 8 MHz, dengan kualitas cukup baik. Analoginya, satu lahan, yang tadinya hanya dapat dipergunakan untuk membangun satu gedung, dengan teknologi ini mampu dibangun enam gedung sekaligus tanpa perlu menambah lahan yang ada, dengan kualitas bangunan lebih baik dan daya tampung jauh lebih banyak.

Jenis siaran TV Digital lainnya adalah Digital TV Broadcast – Handheld (DVB-H) untuk dipakai sebagai siaran TV Digital melalui penerima TV Portable atau Handheld. Pada saat bersamaan juga akan dapat dikembangkan Digital Audio Broadcast (DAB) untuk menggantikan Radio Analog FM, sehingga banyak sekali Pita Spektrum Frekwensi yang dapat dihemat.

Kelebihan Pita Spektrum Frekwensi ini pada pita VHF dan UHF dapat dimanfaatkan untuk aplikasi-aplikasi transmisi lainnya seperti untuk Broadband Wireless yang dapat untuk mempercepat kemajuan bangsa dan negara Indonesia.

Dari contoh di India baru-baru ini, pembangunan Infrastruktur Broadband sebesar 1% dapat meningkatkan GDP atau perekonomian sebesar 3%. Oleh karena itu disarankan agar Dividend Pita Spektrum Frekwensi UHF 700 MHz dipergunakan untuk WiMAX yang stan dardisasinya sedang dirampungkan oleh WiMAX FORUM.

Terlampir Peta Spektrum Frekwensi VHF dan UHF yang dapat dialokasikan untuk WiMAX. Silahkan ditanggapi.

Spektrum UHF untuk WiMAX 700 MHz

Spektrum UHF untuk WiMAX 700 MHz

About these ads

4 responses to “Peluncuran TV Digital: Digital Dividend pada Pita 700 MHz untuk WiMAX

  1. Wah indonesia makin maju saja dengan adanya tv digital. Aku kita songosng.

  2. Yang diperlukan sekarang keseriusan pemerintah untuk mencerdaskan bangsa

  3. dengan informasi, mri kita genggam dunia

  4. selamat buat indonesia dengan ada nya tv digital tetapi kita dah tertinggal jauh dari negara2 lain

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s